Mencoba Memesan Tiket Pesawat di Tokopedia

Setelah sekian lama hanya memiliki produk pemesanan tiket kereta api, belum lama ini Tokopedia meluncurkan produk baru untuk jenis pemesanan tiket, yaitu tiket pesawat. Mungkin langkah ini bisa dibilang agak sedikit terlambat dibanding kompetitor-kompetitornya, namun saya rasa tidak mengapa-lah telat daripada tidak sama sekali. Sebagai informasi, fasilitas Cara pesan tiket pesawat di Tokopedia saat ini hanya bisa dinikmati pengguna Android dan iPhone. Di waktu mendatang, saya yakin pastinya pengguna bisa memesan tiket melalui website juga.





Karena ada suatu hal mendadak yang menuntut saya untuk pulang kampung segera, dan melihat Tokopedia yang baru meluncurkan produk tiket pesawat dengan promo yang cukup menggiurkan (25% CashBack!) saya pun akhirnya mencoba memesan tiket melalui aplikasi Tokopedia.  


Cara Pesan Tiket Pesawat di Tokopedia



Cara pemesanan tiket pesawat terbang di Tokopedia Flight cukup mudah. Setelah masuk aplikasi, tinggal pilih menu Pesan / Tiket.




 Selanjutnya pilih submenu Tiket Pesawat.




Sama seperti di aplikasi-aplikasi sejenis, Anda tinggal pilih bandara keberangkatan, bandara tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Selanjutnya klik tombol Cari Tiket. Maka deretan jadwal keberangkatan dari berbagai maskapai di rute tujuan tersebut akan muncul.




Pengalaman saya waktu itu, saya mencoba pesan tiket dari Jakarta (CGK) - Solo (SOC). Kebetulan saya menemukan jadwal dari Citilink yang cocok dan harganya pun cuma Rp375.000. Dengan Cashback 25% (saat itu), berarti saya cuma bayar tidak sampai 300 ribuan saja. Totally worth it!

Isikan data diri yang meliputi nama dan no KTP. Jika Anda sebelumnya sudah pernah pesan tiket di Tokopedia Tiket Kereta Api, data diri Anda bisa dimasukkan secara otomatis pada tahap ini. Selanjutnya tinggal bayar deh dengan metode pembayaran yang diinginkan. Tiket pesawat akan dikirimkan via e-mail.

Cara Membatalkan Tiket Pesawat di Tokopedia



Karena pertimbangan pilihan transportasi lain yang lebih efisien untuk pulang kembali ke Jakarta. Akhirnya saya membatalkan dan meminta Refund tiket pesawat saya yang saya juga pesan dari Tokopedia.  Proses Cara pembatalan tiket pesawatnya - nya ternyata cukup mudah juga, tinggal masuk menu Daftar Tiket Pesawat dan klik Tiket yang ingin dibatalkan. Selanjutnya, masukkan no KTP, no Booking, alasan pembatalan, dan upload Foto KTP.

Pembatalan akan dibantu oleh Customer Care Tokopedia ke pihak maskapai, yang mana besar dana refund dan lama refundnya bergantung kebijakan maskapai masing-masing. Saya sendiri waktu itu membatalkan tiket Lion Air yang mana keberangkatannya kurang dari 72 jam, alhasil hanya sekitar 50% dana refund yang bisa diminta. Sakit sih, namun tak apalah, toh udah dapat cashback juga dari Tokopedia sebesar 25%, kalau dihitung cuma rugi 25% jadinya. :)

Jujur sih, pemesanan tiket di Tokopedia ini secara fitur mungkin masih banyak yang bisa disempurnakan, seperti date picker yang bisa nampilin tanggal libur, destinasi favorit, hingga rute mancanegara . Bisa dimaklumi lah, karena memang produk baru. Pesan tiket di Tokopedia nantinya saya yakin bisa jadi pilihan, karena simple dan metode pembayarannya-pun beragam. Selain itu aplikasi Tokopedia-nya sendiri komplit, apapun ada sehingga pengguna tidak perlu install-install aplikasi khusus hanya untuk beli tiket pesawat. Bisa belanja online, isi pulsa dll. Apalagi ditambah promo cashback nya yang juga lumayan.


Okay, Yang belum pernah nyoba, yuk #MulaiAjaDulu Beli Tiket Pesawat di Tokopedia.


Update Nov 2018 : Saat ini pemesanan tiket pesawat di Tokopedia sudah bisa melalui website sehingga tidak lagi terbatas pada aplikasi Android dan IOS. Fitur date picker juga sudah tersedia untuk mengetahui hari libur.