Kereta Api Serayu, Alternatif Murah ke Bandung selain Argo Parahyangan

Seperti halnya orang Surabaya yang tiap weekend berbondong-bondong ke Malang, orang Jakarta juga punya tujuan  mainstream tiap akhir pekan yaitu kalau tidak ke Puncak ya Bandung. Saking mainstreamnya, menghadapi kemacetan di Tol Cikampek sudah menjadi suatu kepastian jika memilih ke Bandung dengan kendaraan pribadi. Alhasil, banyak orang Jakarta yang memilih menggunakan kereta api untuk ke Bandung. PT KAI pun tahu potensi ini dan tiap harinya menyediakan belasan jadwal kereta untuk rute Jakarta - Bandung yaitu Argo Parahyangan (selanjutnya saya sebut GoPar). Namun, karena tingginya permintaan, saya perhatikan harga tiket GoPar ini lama kelamaan harganya semakin mahal dan sekarang saya pikir sudah overpriced (di atas 90 ribu). Padahal jika dihitung-hitung lagi sebenarnya jarak tempuh Jakarta-Bandung sendiri tidak sampai 200 km.

Sebenarnya, ada beberapa kereta alternatif lainnya selain GoPar untuk mencapai Bandung. Yang pertama adalah naik Kereta Serayu yang keberangkatannya dari Pasar Senen, dan yang kedua adalah naik kombinasi kereta Walahar + Cibatu. Opsi kedua saya tidak rekomendasikan karena walaupun harganya benar-benar murah namun sangat beresiko dan Anda harus pintar-pintar mengatur waktu selain itu waktu perjalanannya pun sangat lama. Nah, di posting kali ini saya akan menceritakan saja apa yang saya ketahui dan pengalaman saya naik Kereta Api Serayu sebagai alternatif jalan-jalan ke Bandung dengan harga tiket lebih murah.


Ke Bandung Naik Kereta Api Serayu


Kereta Api Serayu sebenarnya merupakan kereta api ekonomi PSO / subsidi relasi Jakarta Pasar Senen - Purwokerto. Kereta ini merupakan merupakan satu-satunya kereta api dari Jakarta yang  melewati jalur selatan, dengan demikian kereta ini berhenti di Bandung dalam perjalanannya. Yang perlu diperhatikan adalah Kereta Api Serayu tidak berhenti di Stasiun Bandung Hall melainkan berhentinya di Stasiun Kiaracondong. Pemberangkatannya pun tidak mulai dari Stasiun Gambir melainkan dari Stasiun Pasar Senen.


Harga Tiket, Jadwal & Lama Perjalanan Kereta Api Serayu



Setiap harinya terdapat dua jadwal Kereta Api Serayu dari Jakarta yaitu Kereta Serayu Pagi yang berangkat pukul 09.15 dan Kereta Api Serayu Malam yang berangkat pukul 21.00. Jika dari Bandung ke Jakarta, kereta ini berangkat pukul 01.00 dan 13.30. Harga tiket untuk kedua jadwal tersebut sama yaitu sebesar Rp67.000,- . Perlu diingat karena kereta ini merupakan kereta PSO / Subsidi, maka jika memesan secara online tidak ada diskon untuk biaya layanan kereta yang biasanya berkisar Rp7.500.


Pengalaman Naik Kereta Api Serayu


Saya memesan tiket kereta Serayu Pagi jauh-jauh hari karena jika mendekati hari H pasti sudah ludes mengingat harganya yang murah. Tipsnya ketika memesan, pilih nomor kursi genap agar mendapatkan bangku yang menghadap depan. Seperti biasa, sebelum boarding saya harus mencetak boarding pass / tiket fisik di stasiun. Karena Stasiun Pasar Senen biasanya selalu ramai, saya berangkat agak awal untuk menghindari antrian dan hal yang tidak-tidak.

Kereta berangkat tepat waktu pukul 09.15 WIB. Pemberhentian pertama Kereta Api Serayu setelah keberangkatan dari Jakarta Pasar Senen adalah Stasiun Purwakarta. Di stasiun ini, kereta berhenti agak lama sekitar 6 menit. Jika sempat dan memungkinkan, Anda bisa turun sebentar untuk berfoto-foto dengan latar kuburan kereta di sisi timur stasiun Purwakarta. 

Setelah Stasiun Purwakarta, pemandangan keren hamparan sawah dan pemukiman penduduk setempat  mulai bisa dinikmati melalui kanan dan kiri jendela kereta. Sayangnya, setelah stasiun ini pula Anda harus mulai bersabar, kereta akan mulai berhenti nyaris di tiap stasiun karena beberapa jalurnya masih single track dan harus mengalah kepada kereta yang levelnya tinggi (GoPar).

Pukul 12.00 kereta mulai memasuki kawasan perkotaan Bandung. Pas memasuki stasiun Bandung Hall, nasib yang kurang baik sepertinya menimpa saya, kereta tertahan cukup lama hampir sekitar 30 menitan. Akhirnya kereta sampai di stasiun Kiaracondong telat 30 menitan pula.


Stasiun Kiaracondong tempat pemberhentian KA Serayu di Kota Bandung

Secara umum, sesuai judul post ini, Kereta Api Serayu bisa jadi alternatif lebih hemat untuk pergi ke Bandung. Namun jika memang Anda memang orang yang gak suka ribet, mencari kenyamanan dan beda tiket 30 ribu-50 ribu bukanlah masalah, sebaiknya naik GoPar saja.

Kelebihan

  • Lebih murah dan merakyat daripada Argo Parahyangan

Kekurangan

  • Waktu tempuh lebih lama karena sering mengalah dengan kereta lain dan lebih banyak titik pemberhentian
  • Berangkat dari stasiun Pasar Senen yang biasanya lebih crowded daripada stasiun Gambir
  • Turunnya di Stasiun Kiaracondong yang agak jauh dari pusat Kota Bandung bilamana dibandingkan Stasiun Bandung Hall